Belajar Ngeblog

Loading
Home » , » Tips dan Trik Melakukan Optimization On Page

Tips dan Trik Melakukan Optimization On Page

Tips dan Trik Melakukan Optimization On Page

Belajar Ngeblog _--_ Ada beberapa tips penting untuk blog pemula yaitu melakukan Optimisasi on page pada blog yang baru dibuat,dan langkah ini sangat disarankan dan diharuskan agar blog cepat terindex di google. Optimisasi on page ini adalah salah satu langkah di mana blog yang kita bangun akan selalu berada di halaman pertama pada hasil pencarian mesin pencari google. Tujuan on page ini bukan semata mata untuk menjadi no. satu atau selalu berada di urutan paling atas di hasil pencarian google namun  tujuan on page ini agar setiap artikel yang di publikasikan akan cepat ter index di google, maslah no 1 di search engine itu belakangan.

Logikanya seperti ini, Melakukan langkah langkah optimization pada blog seperti halnya mengikuti balapan mobil, siapa cepat siapa dapat. Nah yang jadi pertanyaan saya adalah apakah mobil balap yang akan  saya gunakan akan mampu mengalahkan mobil balap lawan lainnya? belum tentu, on page adalah langkah awal, masih ada beberapa tahap lagi yang harus di lakukan agar bisa  menjadi sang juara di search engine. 

Agar proses optimization berjalan baik kita harus membuat artikel  konten yang berkualitas. Lakukan langkah  dengan optimisasi off page. Langkah off page ini terbagi dalam dua proses yaitu mencari backlink dan promosi blog pada jejaring sosial ( ini saya akan jelaskan nanti ). Di segmen kita kali ini saya hanya akan membahas tentang optimization on page.

Tanpa panjang lebar mari kita ikuti saja cara terbaik melakukan on page di bawah ini satu per satu, sebaiknya melakukan langkah ini haruslah dengan seksama dan teliti, karena proses ini akan di lakukan hanya sekali saja.
  • Sebaiknya blog memakai template dengan tampilan super SEO Friendly.
  • Blog yang sudah lama aktif yang tetap anda ingin pakai sebaiknya lakukan penyetelan dinamic heading pada blog anda.
  • Sebaiknya lengkapi dengan Breadcrumbs navigasi dan konten/ artikel terkait.
  • Untuk struktur template, pastikan tampilan artikel berada pada bagian kiri body dan sidebar widget pada bagian kanan body.
  • Pastikan blog sudah didesain  lengkap dengan Title tag dan meta description yang berbeda di setiap halaman.
  • Daftarkan blog anda pada Google Analitic dan Google Webmaster Tools dan mendapatkan kode Verifikasi pada kedua tools tersebut dan satu lagi yaitu lakukan submit sitemap pada google webmaster.
  • Daftarkan Blog anda pada layanan google Feedburner.
  • Setiap Gambar yang akan di posting agar selalu menggunakan alt tag.
  • Pastikan blog terbebas dari iframe, script yang telah di host pada hosting luar dan Flash pada elemen widget sidebar.
  • Pastikan memasang widget blog arcive, popular post dan labels.
  • Jangan memasang link yang menuju blog atau website lain pada widget sidebar, Sebab pada setiap link yang aktif keluaradalah titik kebocoran, ini adalah cara mengantisipasi adanya WARNING pada blog kita jangan sampai pada tahap ke  Seo-an yaitu mencari backlink anda harus bekerja keras hanya untuk meneruskan poin ke blog orang lain.
  • Perhatikan baik baik pada bagian akhir template sebaiknya anda memasang link menuju homepage blog anda yang mengandung kata kunci utama pada blog anda.

Jika anda telah melakukan optimization seperti langkah diatas maka blog yang anda bangun akan semakin sangat memadaidari sisi on page, tidak perlu lagi anda ke sana ke mari dan meng utak atik blog, hanya saja yang perlu anda lakun sekarang memastikan bahwa jangan memasang widget pada sidebar yang tidak perlu.

Mungkin ini saja yang bisa saya jelaskan pada pertemuan ini yaitu tips dan trik melakukan optimization on page pada blog.

Semoga postingan diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi kita khususnya bagi blog pemula. Salam

15 comments:

  1. Trimakasih gan atas infonya salam hangat dari pemula nge_blog seperti saya.
    di tunggu ya :-D
    http://ciranjang-cianjur.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. terima kasih atas artikelnya..salam kenal

    ReplyDelete
  3. ma kasih benget gan buat infonya,

    ReplyDelete
  4. Terimakasih tutornya sangat membantu :)
    http://bit.ly/1DLAAri

    ReplyDelete
  5. Thx ilmunya, saya sudah biking blog & sudah terindex di google search tapi knapa pas di klik yg muncul malah tulisan blog ini sudah di hapus, padahal klo ketik alamat browser bisa di buka, mohon pencerahannya kak

    ReplyDelete
  6. Saya dah coba semua optimasi onpage, namun tetap saja susah untuk menembus rangking di goggle. Trus gimana lagi caranya ?

    https://mohamadaliefse.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Recent Comments